Seimbang antara ilmu ekonomi dengan ilmu fiqh

5 02 2009

Jumat, 1 Februari 2009, sebanyak 6 orang dosen Prodi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan (UNPAS) Bandung melakukan kunjungan ke Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam UII. Peserta kunjungan datang 1 jam lebih awal dari jadwal yang direncanakan, yaitu pukul 09.00 WIB, menurut rencana akan diterima pukul 10.00 WIB. Para tamu diterima oleh Ketua Program Studi Ekonomi Islam FIAI-UII, Nur Kholis, S.Ag, M.Sh.Ec di ruang sidang Gedung FIAI, didampingi oleh Wakil Dekan FIAI –UII, Drs. A.F. Djunaidi, M.Ag dan staf prodi ekonomi Islam, Yudho Prabowo, SEI, dan Uzaifah, SEI. Pada acara tersebut Drs. A.F. Djunaidi M.Ag, memberikan informasi umum mengenai sejarah berdirinya jurusan Ekonomi Islam di FIAI UII, sementara Nur Kholis, S.Ag, M.Sh.Ec menjelaskan tentang kurikulum, mata kuliah dan pengajar atau dosen yang ada di Program Studi Ekonomi Islam serta mekanisme pembelajaran yang berlangsung selama ini.

”Jika memperhatikan pada perguruan tinggi yang lain untuk mata kuliah jurusan Ekonomi Islam belum seimbang antara Ilmu Ekonomi dengan Ilmu Fiqh, pada umumnya masih dominan salah satunya, yaitu terlalu dominan fiqh-nya dan adakalanya dominan ilmu ekonomi konvensionalnya,” kata T. Saepudin, SE, MSI, sekretaris Prodi Ilmu Ekonomi UNPAS. Saepudin mengakui, setelah memperhatikan komposisi mata kuliah Prodi Ekonomi Islam FIAI UII, bahwa komposisi mata kuliah dalam kurikulum prodi ekonomi Islam FIAI UII sudah balance antara ilmu ekonomi dengan ilmu fiqih. Pernyataan tersebut merupakan respon terhadap penjelasan Ketua Program Studi Ekonomi Islam FIAI-UII tentang upaya pembaharuan kurikulum prodi ekonomi Islam lama (tahun 2003) pada tahun 2006 yang diberlakukan pada tahun 2007 sebagai upaya untuk mewujudkan prodi yang benar-benar mengajarkan ekonomi Islam. Pernyataan tersebut kemudian ditanggapi lagi oleh, Nur kholis, beliau menjelaskan bahwa pada awal berdiri tahun 2003, komposisi mata kuliah Program Studi Ekonomi Islam masih cenderung pada ilmu ekonomi konvensional. Oleh karena itu, dengan memperhatikan berbagai masukan dari para pakar dan mahasiswa, Prodi Ekonomi Islam di FIAI UII saat ini mengalami perubahan yang mengacu pada ilmu ekonomi Islam.

Alumni angkatan 2003 dan 2004 menegaskan bahwa kunjungan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan motivasi kepada dosen dan mahasiswa ekonomi Islam dalam mewujudkan prodi atau jurusan ekonomi Islam yang mengacu dan mengajarkan Ilmu Ekonomi Islam. Sehingga sarjana atau lulusan ekonomi Islam diharapkan dapat menjadi SDM yang berguna dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam.


Actions

Informations

103 responses to “Seimbang antara ilmu ekonomi dengan ilmu fiqh”

26 08 2014
ricardo (15:29:36) :

....

thanks....

26 08 2014
randy (16:14:02) :

....

hello!!...

26 08 2014
Gary (20:14:57) :

....

спс за инфу....

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*